Mikel Arteta Buktikan Bahwa Dia Lebih Dari Sekadar Pelatih

Mikel Arteta tiba di Arsenal dengan silsilah pembinaan yang luar biasa. Tapi bisakah dia menjadi manajer? Tanda-tanda awal menunjukkan dia bisa; tanda-tanda awal menunjukkan dia lebih dari sekadar pelatih.

Bahwa Mikel Arteta adalah pelatih yang hebat, tetapi belum tentu manajer yang hebat adalah kritik yang umum ketika pertama kali kelihatannya dia akhirnya akan menjadi pelatih kepala Arsenal yang baru. Komentar seperti berikut dari kolom Danny Higgingbottom di The Sun sangat banyak:

“Bagaimanapun juga Arteta adalah pelatih yang brilian, dipercaya secara implisit oleh Pep Guardiola. Ketika dia adalah seorang pemain – dan Guardiola belum tiba di pantai ini – bos Manchester City yang sekarang akan berbicara dengan Arteta untuk mendapatkan informasi tentang tim Inggris mana pun yang dia mainkan. Dia dulu sering mengikuti pelatihan di City – tetapi apakah pelatih itu yang dibutuhkan Arsenal sekarang? ”

Mengingat bahwa Arteta belum pernah mengelola tim sebelum datang ke London utara, itu adalah pertanyaan yang wajar. Dan Arteta sendiri mengajukan pertanyaan tentang kurangnya pengalaman dalam konferensi pers pengantar, mengakui bahwa adil bagi orang untuk membuat kritik semacam itu.

Tetapi sementara itu selalu dianggap bahwa Arteta akan menjadi pelatih yang hebat, sebagaimana dibuktikan oleh bagaimana para pemain Manchester City berbicara tentang masukannya dalam pertandingan masing-masing, tanda-tanda awal waktunya di London utara menunjukkan dia bisa menjadi manajer yang hebat juga.

Minggu ini, Mesut Ozil mengungkapkan bagaimana Arteta telah mengubah suasana di klub:

Awal tahun ini, David Luiz yang diberitakan Arteta memiliki pelatih yang brilian yang akan menginspirasi ‘hal-hal besar di masa depan’:

“Saya percaya dia [Arteta] dapat meningkatkan setiap pemain. Mikel adalah pelatih hebat dan tahu sepakbola. Dia adalah pemain hebat, dia membawa banyak hal dan saya percaya pada filosofinya. Kami akan melakukan hal-hal besar di masa depan, tetapi langkah demi langkah. ”

Granit Xhaka yakin untuk tetap di klub – setidaknya sampai akhir musim – dengan percakapan dengan Arteta, sementara Ozil bekerja lebih keras dari sebelumnya, setiap individu tampaknya membeli filosofi Arteta, yang tidak bisa dikatakan tepat untuk pendahulunya , Meskipun ada peningkatan yang jelas dalam budaya dan nuansa skuad dan klub.

Tentu saja, semua ini tidak menjamin bahwa Arteta akan menjadi manajer yang sukses dan juga pelatih yang sukses. Dia belum sebulan ke pekerjaan baru. Menarik kesimpulan yang berarti tentang keberhasilan manajerialnya atau ketiadaannya akan sangat naif dan tidak bertanggung jawab. Tetapi mereka adalah tanda-tanda positif yang tidak diragukan lagi.

Arteta menjadikan jerami sebagai manajer Arsenal, bukan hanya pelatih kepala Arsenal. Dia membuktikan bahwa dia lebih dari sekedar pria di tempat latihan. Dia bisa menjadi pemimpin, inspirasi, manajer. Dan itu bisa benar-benar merevolusi klub serampangan yang dia warisi.